Berita Video

KREASI SENI PERTUNJUKAN TRADISI DAPAT TINGKATKAN CITRA PARIWISATA INDONESIA

Memory of Galunggung dan Tasik Motekar 2019 menjadi event yang menjadi ajang pelestarian pariwisata dan budaya kabupaten Tasikmalaya. Tidak hanya menonjolkan potensi pariwisata dan budaya, namun sumber daya manusia nya pun patut mendapat apresiasi, terutama mereka yang memiliki potensi dan prestasi dalam suatu bidang tertentu, misalnya seni pertunjukan atau atraksi budaya. Dari serangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya yang ke-387 ini menghadirkan sejumlah seniman dan budayawan kabupaten Tasikmalaya, serta para pihak terkait yang turut menyemarakan pesta budaya tersebut.

Festival Jampana, terhitung berhasil menyatukan seluruh desa di kabupaten Tasikmalaya untuk menunjukan potensi desanya masing-masing, salah satunya seni pertunjukan atraksi budaya. Sebab festival tersebut telah menunjukan kekayaan potensi wisata kabupaten Tasikmalaya. Adapun dari seni pertunjukan tradisi, ada salah satu penampil yang menarik perhatian pengunjung MoG adalah kehadiran Yayan Ruhian melalui aksi pencak silatnya. Bagi para penggemar film action atau laga, pastinya tahu dan mengenal aksinya dalam beberapa film, terutama keterlibatannya dalam film sekelas hollywood: John Wick. Hal ini menjadi sebuah kebanggaan besar bagi kabupaten Tasikmalaya atas pencapaian Yayan Rukhian yang telah berhasil terlibat dalam film yang mendunia tersebut. Dalam event MoG, aksi pencak silat Yayan berhasil memukau para pengunjung. Pegiat silat sekaligus aktor berkelahiran 1968 ini telah berhasil membawa pencak silat ke ranah Hollywood. Secara tidak langsung, seni pencak silat memiliki image tersendiri yang dapat menaikan citra pariwisata Indonesia secara universal.
Dampaknya, pencak silat menjadi salah satu aksi budaya yang dapat mempromosikan pariwisata Indonesia karena suatu pencapaian prestasi.

Bupati Ade Sugianto berharap dengan hadirnya berbagai seni pertunjukan, terutama seni tradisi, tidak sekedar menampilkan atau mengenalkan saja, namun sekaligus dapat memotivasi generasi muda untuk berkarya, karena akan berimbas pada masa depan personal dan kelompok sosial di masyarakat, terutama bidang pariwisata.

About the author

parpora

Add Comment

Click here to post a comment