Berita Video

MOTIVASI PARA PEMUDA MELALUI NGAGUAR BUDAYA TASIK (NGABATIK) MOG

Memory of Galunggung, merupakan even yang tidak terlepas dari unsur pariwisata dan budaya. Namun hal yang paling penting adalah edukasi terhadap masyarakat Tasikmalaya khususnya para pemuda untuk menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya melestarikan kebudayaan. Dalam kegiatan MoG, Ervan selaku ketua pelaksana dari penggiat pariwisata menyediakan ruang diskusi untuk berdialog seputar kebudayaan khususnya di kabupaten Tasikmalaya. Ruang dialog tersebut dinamakan “Ngaguar Budaya Tasik” atau disingkat “ngabatik”, yang menghadirkan tokoh budayawan dan seniman Jawa Barat.

Ngaguar Budaya Tasik, berkenaan dengan pembahasan seputar budaya Tasik, yang mengarah pada menggali berbagai makna dan sejarah kebudayaan kabupaten Tasikmalaya agar masyarakat memiliki pengetahuan tentang perkembangan budayanya sendiri. Penyampaian disajikan dalam bentuk talkshow. Di antara narasumbernya sendiri terdiri dari Man Jasad dan Budi Dalton yang berbicara tentang kebudayaan era dahulu dan era yang kekinian. Melalui penyampaian tersebut, para tokoh budayawan dan seniman berharap generasi muda tidak begitu saja melupakan sejarah dan kebudayaannya. Warisan budaya yang dimiliki sepatutnya untuk diperkenalkan kepada generasi muda, bahkan diperkenalkan pada kancah nasional dan lebih jauhnya lagi secara internasional, mengingat kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi wisata berlimpah.

Ervan selaku penyelenggara, berharap MOG ke depannya tetap terus diadakan, di samping sebagai sajian hiburan, adapun memiliki nilai pengetahuan kepada masyarakat yang belum tahu. Melalui dialog budaya tersebut, masyarakat akan lebih paham dan memiliki inisiatif untuk berpartisipasi dalam mempromosikan potensi pariwisata dan budaya kabupaten Tasikmalaya. Apalagi, Galunggung sebagai ikon kabupaten Tasikmalaya, akan terus memiliki nilai sejarah yang tak lekang waktu.

About the author

parpora

Add Comment

Click here to post a comment