Berita Referensi Travel Video

BUPATI KONSEN PROGRAM PEMBANGUNAN SARANA PRASARANA DESTINASI WISATA KABUPATEN TASIKMALAYA

Destinasi wisata kabupaten Tasikmalaya tidak lepas dari berbagai sektor pendukung demi kelancaran pengembangan pariwisata. Dalam hal ini, Bupati Ade Sugianto menegaskan bahwa kabupaten Tasikmalaya berkomitmen menjadikan pariwisata dan budaya sebagai sektor strategis unggulan daerah, karena selaras dengan program nasional. Pariwisata dan budaya sebagai leading pembangunan dapat menggerakan perekonomian rakyat. Maka dalam pengembangannya, serta bagian dari implementasi pembangunan pariwisata, seluruh sektor turut menopang pengembangan destinasi wisata, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pendapatan asli daerah.

Menurut Dedi Sumiardi selaku Kasi Pariwisata, saat ini Bupati tengah menekankan wilayah pembangunan destinasi wisata, baik sarana maupun prasarana. Seperti memperbaiki tempat-tempat wisata, khususnya Galunggung. Untuk Galunggung ada penambahan kolam renang yang tengah dibangun, pembangunan kios-kios dalam rangka melayani pengunjung, serta pengelolaan masyarakat dalam penyediaan aneka souvenir dan makanan khas masyarakat setempat untuk menyambut para wisatawan, selain itu, juga pembebasan lahan, dan rencana pengadaan arum jeram. Selain itu, pembangunan wisata bahari di Karangtawulan, serta wisata reliji Pamijahan juga tengah dikembangkan dan diperbaiki. Hal itu sesuai dengan RPMJ dengan visi misi kabupaten Tasikmalaya yang memiliki destinasi wisata yang tidak kalah dengan destinasi wisata di daerah lain, seperti Kampung Naga yang wisatawannya hingga manca negara.

Dari tahun ke tahun jumlah wisatawan terus meningkat, namun persentasenya berbeda karena proses pembangunan Galunggung yang tengah renovasi, sehingga pengunjung beralih ke wisata pantai, wisata reliji, kampung adat, dan gua-gua. Berbagai upaya promosi terus digenjot oleh bupati, seperti mengadakan promosi even yang ada di kabupaten Tasikmalaya melalui MoG dan event Hari Jadi. Harapan ke depan diperlukan dukungan dari berbagai pihak, baik dari pemerintah, swasta, kalangan seniman dan budayawan dapat berkonsentrasi untuk meningkatkan destinasi wisata kabupaten Tasikmalaya menjadi lebih baik. Rencana ke depannya, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan membuat berbagai video profile terkait dengan religi, bahari, dan kriya, serta fokus mempromosikan ikon kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, even Hari Jadi dan MoG akan tetap diselenggarakan karena memiliki pengaruh terhadap kunjungan wisatawan yang lebih besar, serta dapat mendatangan seniman nasional dan internasional.

About the author

parpora

Add Comment

Click here to post a comment