Berita Referensi Travel Video

SELEKSI PEMUDA PELOPOR KABUPATEN TASIKMALAYA DIIKUTI 58 KANDIDAT

Mengutip pidato Bung Karno: “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”. Kutipan tersebut menjadi semacam ikon untuk menggambarkan betapa pentingnya peran pemuda demi kemajuan bangsa. Pemuda dan pemudi yang unggul dan memiliki kualitas visi dalam memandang masa depan merupakan pemuda yang dimaksud oleh Bung Karno, sebab bangsa tak butuh apa-apa selain generasi muda yang berprestasi dan berguna dalam kemajuan bangsa.

Berbicara tentang peran pemuda, dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda 2019, 58 pemuda yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten Tasikmalaya mengikuti proses seleksi Pemuda Pelopor yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga yang dimulai sejak tanggal 10 Oktober 2019 lalu. Pemuda pelopor merupakan sebentuk apresiasi terhadap potensi para pemuda yang berkontribusi terhadap pengembangan daerah, dan kegiatan ini baru mulai diagendakan tahun ini oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Tujuan diselenggarakannya Pemuda Pelopor tingkat kabupaten ini, tak lain adalah untuk memberikan penghargaan kepada pemuda atas prestasi dan kontribusi kepeloporan dalam kemajuan masyarakat di lingkungannya. Adapun beberapa bidang kepeloporan yang dikompetisikan terdiri dari bidang pangan, bidang pendidikan, bidang inovasi teknologi, bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata, serta bidang agama, sosial, dan budaya. Dedi mengatakan proses seleksi melalui tahapan wawancara oleh sejumlah juri dari kalangan akademisi, kalangan pemuda pelopor, dan dari dinas terkait. Proses seleksi telah ditentukan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yaitu 28 Oktober 2019 dan berjenjang hingga ke tingkat provinsi dan nasional. Ia berharap dengan diselenggarakannya seleksi pemuda pelopor, dapat memotivasi generasi muda untuk memiliki pikiran kritis dan berguna bagi masyarakat. Untuk hasil seleksinya, pihak Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga telah menemukan pemenang kompetisi Pemuda Pelopor akan memiliki banyak agenda ke depan, khususnya untuk pengembangan potensi pemuda kabupaten Tasikmalaya.

About the author

parpora

Add Comment

Click here to post a comment