Berita Travel Video

GOA SAFAWARDI PAMIJAHAN, NILAI RELIGIUS YANG TAK LEKANG WAKTU

Pamijahan merupakan tempat destinasi wisata ziarah yang populer di Kabupaten Tasikmalaya. Para pengunjung biasanya berbondong-bondong datang berbagai derah penjuru tanah air untuk mengunjungi berbagai lokasi bersejarah terutama makan Waliyulla Syekh Abdul Muhyi beserta gua Safawardi yang diyakini sebagai tempat patilasan Syekh Abdul Muhyi saat menyebarkan Islam di Priangan Timur dan konon di dalam goa tersebut terdapat lorong yang dapat tembus menuju Makkah.

Wisata religi yang yang berada di sebelah selatan Tasikmalaya ini memiliki nilai religius yang sangat berarti bagi pengunjung yang mengunjungi wisata religi ini. Para pengunjung akan melewati berbagai jalan yang bisa dikatakan sangat menantang fisik, dikarenakan jalan menuju ke tempat wisata Pamijahan ini terbilang kecil. Objek wisata Religi Pamijahan memiliki sejarah yang kompleks, terutama kisah tentang perjalanan Syekh Abdul Muhyi. Untuk itu, gua Safawardi begitu dikenal terutama bagi para pecinta ziarah.

Berdasarkan cerita, gua tersebut ditemukan oleh Syekh Abdul Muhyi setelah 12 tahun pencarian. Goa Safawardi memiliki beberapa cabang yang di dalamnya mengalir air jernih yang disebut air zam-zam Pamijahan. Mengunjugi goa ini, kita akan dibuat takyub mengingat sejarahnya yang membuat kita bersyukur tentang kehadiran Islam di muka bumi ini.

About the author

parpora

Add Comment

Click here to post a comment